40 Daftar Rumus Excel yang Penting dan Sering Digunakan

Daftar Isi

Rumus Excel perlu Anda ketahui jika Anda sering melakukan perhitungan menggunakan komputer. Ini dapat membantu mempercepat dan memudahkan pekerjaan yang terkait data dan angka.

Adapun Excel atau Microsoft Excel adalah salah satu perangkat lunak yang sering digunakan untuk mengatur dan menganalisis data. Salah satu bagian dari ekosistem Microsoft ini dikenal sebagai spreadsheet Untuk melakukan kalkulasi dan membuat grafik data.

Berikut beberapa kegiatan yang sering menggunakan rumus Excel antara lain: membuat laporan keuangan, merekam informasi pengeluaran, mengatur data, menghitung pajak, hingga mengelola aset.

Berikut adalah perumusan dalam Bahasa Indonesia: Lantas, apa saja rumus EXCEL yang lazim penting untuk diketahui dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari? Silakan simak informasi ringkas selanjutnya berikut ini.

Rumus Excel

Terdapat beberapa rumus dasar Microsoft Excel yang perlu diketahui dan dikuasai agar lebih mudah menghitung data di Microsoft Excel.

  1. Pengurangan

Simbol (-) digunakan untuk mengurangi angka pilihan. Rumusnya seperti pengurangan tanpa excel, pilihlah sel A1 dan A2. Kemudian ketiklah rumus =A1-A2.

  1. Penjumlahan

SUM digunakan untuk menjumlahkan angka yang sudah diinput di dalam sel Excel tertentu. Jika Anda ingin menjumlahkan angka dari sel B1 sampai B5, maka rumusnya =SUM(B1:B5).

  1. Pembagian

Simbol (/) digunakan untuk membagi angka didalam Microsoft Excel. Pilih sel yang ingin Anda bagi dan ketik rumus pembagian Excel, misalnya: =A1/B1

  1. Perkalian

Simbol (*) digunakan untuk membagi angka di Excel. Ketik rumus perkalian Excel, misalnya: =C1*D1.

  1. COUNT

COUNT digunakan untuk menghitung jumlah sel yang hanya berisi angka, misalnya, =COUNT(A1:F1).

  1. COUNTA

COUNTA digunakan untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka, huruf, atau sel kosong. Misalnya ketiklah rumus untuk mengetahui jumlah sel kosong = COUNTA(A1:H2).

  1. COUNTIF

COUNTIF digunakan untuk menghitung jumlah sel yang memiliki kriteria sama. Jika Anda melakukan penelitian 200 responden, maka Anda akan lebih mudah mengetahui responden yang bekerja sebagai peternak. Ketik rumus =COUNTIF(B2:B201;"PETERNAK").

  1. SUMIF

SUMIF mirip dengan COUNTIF. Dari contoh nomor 7, Anda menjumlahkan kriteria peternak dalam sel, maka =SUMIF(B2:A101; ’’PETERNAK’’;B101:B201).

  1. IF

Apabila digunakan untuk menjawab pertanyaan logika dari data tertentu. Contohnya, nilai mata kuliah mana yang lebih tinggi dari lima mahasiswa, maka =IF(C1>D1; “BENAR”;“SALAH”).

  1. MIN

Beberapa hal yang perlu Anda benahi terjadi jika Anda menduplikat rumus yang mencari nilai terendah dan yang mencari nilai terbesar adalah untuk mengganti "MIN" menjadi "MAX".

  1. MAX

MAX berfungsi untuk mencari angka tinggi di dalam barisan sel data. Misalnya mencari nilai tinggi lainnya kompetisi, maka =MAX(C2:C10).

  1. AVERAGE

AVERAGE berfungsi untuk menghitung rata-rata angka pada rentang pilihan sel. Misalnya, rata-rata tabungamu dalam sebulan, maka =AVERAGE(B2:B21).

  1. AND

Bersamaan termasuk rumus logika. Jika Anda ingin mengetahui apakah isi sel A1 berisi angka yang lebih besar dari 2 atau kurang dari 4, maka ketik "=AND(A1>2,A1<4)". Jawaban yang benar akan muncul TRUE dan jawaban yang salah muncul FALSE.

  1. NOT

NOT adalah lawan dari rumus AND. Di mana Anda tidak mengetahui apakah jumlahnya lebih besar atau kecil pada contoh nomor 13, maka =NOT(A1>4).

  1. TRIM

TRIM membantu Anda merapikan data dalam satu sel. Mungkin Anda menekan tombol spasi 2 kali yang dapat menghasilkan hasil 'EROR' saat menghitung atau menggunakan rumus lain, maka solusinya ketik =TRIM(A1).

  1. OR

Bicarakan dengan rekan chat yang canggih dan ramah.

  1. LEN

LEN membantu Anda untuk menghitung jumlah karakter mana saja yang ada di dalam satu sel seperti angka, huruf, tanda baca, dan konten lainnya. Ketik rumus =LEN(A1).

  1. VLOOKUP

VLOOKUP mempermudah Anda untuk mengambil data yang disusun secara vertikal. Jika Anda mengelompokkan beberapa barang berdasarkan harga barang (B3 sampai B9) dan ongkos kirimnya (C3 sampai C9), maka ketik "=VLOOKUP(C2;C2:D5;1,0)".

  1. HLOOKUP

HLOOKUP sama dengan VLOOKUP. Hanya saja data yang dihitung secara horizontalinya. Contoh nomor 18 akan menjadi rumus =HLOOKUP(C2;C2:D5;1,0).

  1. AREAS

Tabel AREAS digunakan untuk menghitung total jumlah area sel. Jika Anda memilih 1 range sel dari A1 hingga G9, maka rumusnya adalah =AREAS(A1:G9).

  1. MATCH

MATCH digunakan untuk mencari data pada baris sel. Jika Anda memasukkan daftar belanja dari A2 sampai A10 dan menginginkan mencari daftar "TELUR", maka =MATCH("TELUR";A2:A10).

  1. RIGHT

Biasanya berfungsi untuk membantu Anda mengambil beberapa karakter dari ujung kanan dari kata atau angka dalam suatu teks atau nilai. Untuk mengambil jumlah karakter yang sesuai dari kanan memakai (=RIGHT(A1:2)) misalnya.

  1. LEFT

LEFT seperti RIGHT membantu Anda mengambil beberapa karakter dalam kata atau angka dari bagian sisi kiri. Jika Anda ingin mengambil 2 karakter dari angka 12345 pada sel A1, maka =LEFT(A1:2).

  1. CHOOSE

CHOOSE membantu Anda mengambil nilai dari tabel data. Jika Anda ingin mengelompokkan daftar tugas kerja di sel B2-B5, maka ketik =CHOOSE(E2,B2,B3,B4). Sel E2 berisi nomor tugas. Lalu, masukkan sel B2, B3, dan B4 yang mengandung nama tugas yang mendesak.

  1. CONCATENATE

CONCATENATE digunakan untuk menggabungkan kata-kata. Jika Anda memasukkan sejumlah nama siswa di spreadsheet dan membedakan antar nama di sel D1-E1 berdasarkan nama depan dan nama belakang, maka gabungkan dengan mengetik =CONCATENATE(D1:E1).

  1. CEILING

CEILING untuk membulatkan angka dengan jumlah pelipatang sepuluh (10) di atas angka aslinya. Oleh karena itu, jika Anda ingin membulatkan harga penjualan, maka pilih sel angka yang belum dibulatkan, maka =CEILING(C2;10).

  1. FLOOR

FLOOR digunakan untuk membulatkan angka pokok yang kelipatan 10 ke bawah. Seperti rumus CEILING contoh, maka =FLOOR(C2:10).

  1. MONTH

Minggu berfungsi untuk mengambil data minggu dari sel pilihan. Jika sel A9 berisi 2023/01/11, maka =WEEKNUM(A9).

  1. YEAR

Tahun seperti Bulan. Anda hanya perlu mengganti rumus tersebut, yaitu =Tahun(B2).

  1. DATE

Tanggal berfungsi untuk menambahkan tanggal pada sel Excel, maka ketik =Tanggal(2021,11,03).

  1. NOW

Perintah rumus Excel ini digunakan untuk mengembalikan tanggal dan waktu saat ini. Contoh: =SEKARANG

  1. INDEX

Indeks digunakan untuk kembali nilai sel pada baris dan kolom tertentu. Contoh: =INDIKS(A1:C10, 5, 2)

  1. IFERROR

Untuk mengecek apakah rumus menghasilkan kesalahan dan mengembalikan nilai tertentu jika benar. Contoh: =IFERROR(A1/ B1, "Error")

  1. MID

MID dapat digunakan untuk menambil beberapa karakter tertentu di tengah suatu karakter-string. Contoh: =MID(A1, 2, 4)

  1. INDIRECT

Rumus ini untuk mengubah string teks menjadi referensi sel yang valid. Contoh: =INDIRECT("A1")

  1. SUBSTITUTE

SUBSTITUDE digunakan untuk mengganti teks tertentu dalam string teks dengan teks baru. Contoh: =SUBSTITUDE(A1, "apel", "oranye")

  1. RANK

RANK dapat digunakan untuk mengembalikan peringkat nomor dalam daftar nomor. Contoh: =RANK(A1, A1:A10)

  1. ROUND

Berikut adalah rumus yang digunakan untuk membulatkan angka ke beberapa tempat desimal tertentu. Contoh: =ROUND(A1; 2)

  1. TEXT

Rumus ini digunakan untuk mengubah nilai menjadi teks dalam format tertentu. Contoh: =TEKS(A1, "yyyy-mm-dd")

  1. RAND

Rumus Excel RAND biasa digunakan untuk mengembalikan angka acak antara 0 dan 1. Contoh: =RAND()

Berkontribusi dalam penulisan artikel ini

Posting Komentar